DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemkab Penajam Upayakan Potensi Kolam Budidaya Perikanan Berjalan Maksimal 

image
Kolam budidaya ikan air tawar milik masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, berupaya memaksimalkan potensi tambak atau kolam budidaya perikanan.

Pemaksimalan yang dilakukan oleh Pemkab Penajam tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah.

Sebab, menurut Pemkab Penajam, daerah tersebut dikenal dengan sebutan Benuo Taka itu dan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Tips Bisnis Pakaian Muslim Bagi Pemula agar Tidak Rugi

Pemerintah kabupaten, kata Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun berupaya memaksimalkan kolam budi daya perikanan untuk meningkatkan ekonomi kabupaten dan masyarakat.

Kebutuhan pangan bakal mengalami kenaikan seiring pertambahan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, serta sejalan dengan perkembangan Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia.

Dinas terkait telah diinstruksikan melakukan pemetaan lahan tambak budi daya perikanan yang telah berproduksi, maupun lahan yang potensial untuk dijadikan kolam budi daya perikanan.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Bisnis Bitcoin untuk Pemula, Simak Baik-baik

"Kami akan maksimalkan berpotensi untuk.budi daya ikan, udang dan rumput laut. Saat ini baru terdata di Kecamatan Babulu," ujarnya, seperti dikutip dari Antara pada 29 Juni 2024.

Di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, sekitar 2.600 hektare lahan telah digarap untuk kolam budi daya perikanan, dan 9.000 hektare lahan di Kecamatan Babulu berpotensi untuk digarap menjadi tambak budi daya perikanan.

"Kami juga mengidentifikasi kebutuhan pembudi daya perikanan seperti infrastruktur jalan, kebutuhan peralatan dan pendukung tambak lainnya," tambahnya.

Baca Juga: Ada Dugaan LSD, Pemkab HST Ambil Sampel Darah Sapi untuk Diuji Lab 

Program peningkatan produksi dilakukan, katanya, yakni pengembangan kampung budi daya sekaligus kelompok perikanan, pemanfaatan lahan pekarangan untuk budi daya, dan sistem budi daya dengan bioflok.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga memberikan dukungan terhadap pembudi daya perikanan berupa pengadaan mesin pembuat pakan serta pelatihan pembuatan pakan secara mandiri.

"Upaya peningkatan produksi, selain maksimalkan potensi lahan juga melalui perbaikan sistem budi daya,"

Baca Juga: Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membuka Bisnis Kuliner, Pemula Wajib Catat

Pemerintah kabupaten menargetkan pencapaian produksi kolam budi daya perikanan meningkat hingga 20 ribu ton per tahun, saat ini produksi masih sekitar 8,600 ton per tahun, kata Makmur Marbun.***

Sumber: Antara

Berita Terkait