DECEMBER 9, 2022
News

ATR/BPN Catat 113,5 Juta Bidang Tanah Sudah Daftar Sertifikat, AHY: dari Target 120 Juta

image
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. (ANTARA/Sinta Ambar)

BISNISABC.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebut ada 113,5 juta bidang tanah telah terdaftar sertifikasi.

Menurut AHY, Kementerian ATR/BPN punya target 120 juta bidang tanah mendapat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Secara nasional untuk program PTSL dari target 120 juta bidang tanah sampai akhir tahun 2024 Desember ini," ucap AHY, seperti dikutip dari Antara pada 22 Juni 2024. 

Baca Juga: Kebijakan Menaikkan HET Beras, Pemprov Sumut: Bagus untuk Petani

"Secara nasional kami sudah mencapai 113,5 juta bidang tanah yang kira-kira sudah terdaftar dan tentunya secara simultan kami juga lakukan sertifikasi," imbuhnya.
 
Dengan sisa masa jabatan kurang lebih delapan bulan, AHY mengakui bakal bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

Termasuk mengajukan tambahan anggaran kepada Kementerian Keuangan untuk mendukung tercapainya 120 juta bidang tanah tersertifikasi pada 2024.
 
Pada kesempatan itu, AHY  turut menyerukan kepada masyarakat untuk mengurus sertifikat rumah dengan datang langsung tanpa perantara..
 
"Untuk layanan itu, benar-benar dibebaskan dari biaya dan biaya pun masuk ke negara," ucap AHY.

Kalau ada yang mengatasnamakan, lanjut AHY, terus meminta uang segala macam itu berarti calo.
 
Dengan layanan Kantor Pertanahan yang lebih baik, ia mengatakan masyarakat dipastikan mendapatkan jalur yang tepat dengan pelayanan prima.
 
"Ini diberikan karpet merah. Artinya tanpa harus ada perantara dan biaya-biaya yang tidak perlu," pungkasnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait