DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pertanian Dinilai Berperan Penting dalam Perekonomian, Pj Bupati Magelang: Garda Terdepan

image
Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto. (ANTARA/HO - Bagian Prokompim Kabupaten Magelang)

BISNISABC.COM - Penjabat (Pj) Bupati Magelang, Sepyo Achanto menilai sektor pertanian berperan penting dalam perekonomian nasional.

"Maka peringatan Hari Krida Pertanian tahun 2024 ini, kami harapkan menjadi momentum bagi insan pertanian," kata Sepyo, seperti dikutip dari Antara pada 20 Juni 2024.

Momen ini, lanjut Sepyo, untuk bekerja dan berinovasi lebih keras lagi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Tingkatkan Produktivitas, Pemkab Bangka Barat Upayakan Petani Kuasai Teknologi

Ia menyampaikan hal tersebut pada peringatan Hari Krida Pertanian Ke-52 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Magelang yang dilaksanakan di Lapangan drh. Soepardi, Mungkid.

Tema peringatan Hari Krida Pertanian ke-52 tahun 2024 adalah "Pertanian yang maju, mandiri, modern dan berdaya saing dalam rangka mendukung ketahanan pangan".

Selaras dengan tema tersebut, maka pertanian di Indonesia khususnya di Kabupaten Magelang harus maju dan mandiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Baca Juga: Dapat Bantuan Pompa dari Kementan, Pemkab Lebak Berharap Dapat Atasi Masalah Air

"Ke depan, garda terdepan pertanian dari SDMnya yaitu petani milenial mempunyai peran penting untuk melanjutkan pembangunan di sektor pertanian dengan didukung oleh sumber daya manusia yang maju, mandiri, dan modern," katanya.

Melalui pemanfaatan teknologi digital, katanya petani milenial akan menggerakkan kewirausahaan yang menjadikan wajah pertanian menjadi lebih segar dan atraktif serta berkelanjutan.

Selanjutnya, peningkatan peran petani milenial dalam mendukung pembangunan pertanian dalam rangka membangun daya saing harus terus dilakukan.

Baca Juga: Temukan Cacing Hati pada Hewan Kurban, Pemkab Kudus Sebut Langsung Dimusnahkan

"Pembinaan yang berorientasi agribisnis masih perlu dikembangkan seperti halnya kegiatan pada hari ini," tegasnya.

Ia berharap agar petani di Kabupaten Magelang dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dan program-program pengembangan yang diberikan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan kapasitas, kemampuan, ketangkasan, maupun wawasan dalam bertani yang baik dan benar dengan menerapkan kelestarian lingkungan.

Menurut dia pada masa-masa sulit, sebagaimana pada saat pandemi COVID-19 beberapa waktu yang lalu, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan positif bersama dengan sektor telekomunikasi.

Baca Juga: Jaga Stabilitas Sembako, Pemkab Bangka Barat Sebut untuk Kendalikan Inflasi

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras para insan pertanian, seperti para petani, peternak dan tentunya penyuluh pertanian yang setia mendampingi petani dalam situasi apapun.***

Sumber: Antara

Berita Terkait