DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Ini Perbedaan Yudisium dan Wisuda serta Maknanya, Maba Wajib Tahu!

image
Ilustrasi Perbedaan Antara Yudisium dan Wisuda Jarang Orang Tahu (Pixabay/ MC Elspeth ). 

BISNISABC.COM - Dalam perkuliahan di semester Akhir pasti akan sering mendengar mengenai hal yudisium dan wisuda.

Yudisium adalah tahap penting dalam proses pendidikan tinggi yang menandai pengumuman resmi kelulusan mahasiswa setelah menyelesaikan seluruh mata kuliah dan persyaratan akademik.

Banyak orang jarang mengetahui tentang perbedaan diantara keduanya, proses ini juga mencakup penentuan nilai akhir dan predikat kelulusan, seperti cum laude, sangat memuaskan, atau memuaskan.

Baca Juga: Nova Arianto Sebut Putu Panji Apriawan Ideal Menjadi Kapten Timnas U-17 Indonesia

Yudisium merupakan syarat mutlak sebelum mahasiswa dapat mengikuti prosesi wisuda, yang merupakan puncak dari perjalanan akademik mereka.

• Perbedaan Antara Yudisium dan Wisuda Diperkuliahan

Salah satu perbedaan mendasar antara yudisium dan wisuda jika secara komprehensif. Yudisium merupakan penentuan resmi kelulusan mahasiswa yang dilakukan oleh fakultas atau program studi sebelum acara wisuda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

Dalam yudisium, mahasiswa sudah dianggap lulus dan berhak atas gelar yang mereka peroleh, meskipun mereka belum diwisuda.

Wisuda juga di sisi lain, adalah seremoni atau upacara perayaan kelulusan yang dilakukan oleh universitas sebagai bentuk penghargaan atas prestasi akademik mahasiswa.

Wisuda juga menjadi momen penting bagi mahasiswa dan keluarganya untuk merayakan pencapaian akademik tersebut secara formal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Horor Netflix 2024 yang Cocok untuk Uji Nyali

• Makna Dibalik Wisuda

Bagi banyak mahasiswa, wisuda adalah simbol keberhasilan yang dinantikan setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan tinggi.

Wisuda bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga menjadi momen penting dalam menandai awal dari babak baru dalam kehidupan profesional maupun pribadi.

Baca Juga: Gelar Program PAT, Kementerian Pertanian Turun ke Probolinggo

Selain itu, wisuda memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerima gelar secara resmi di hadapan keluarga, dosen, dan teman-teman.

Momen ini menjadi pencapaian yang membanggakan dan melambangkan akhir dari perjalanan akademik, sekaligus awal dari langkah berikutnya menuju dunia kerja atau pendidikan lanjutan.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait