DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Inilah Tips Jitu Menentukan Jurusan yang Cocok Buat Kamu

image
Ilustrasi Beberapa Cara Jitu Memilih Jurusan yang Cocok (pixabay/ seidenperle) 

BISNISABC.COM - Memilih jurusan yang cocok bisa menjadi salah satu keputusan terpenting dalam hidup. Untuk memulai, penting bagi kamu untuk mengenali minat dan bakat yang dimiliki.

Jika kamu memahami apa yang benar-benar kamu sukai dan apa yang kamu kuasai, kamu dapat lebih mudah memilih jurusan yang sesuai dengan kepribadian dan kemampuanmu.

Cara ini bisa membantu kamu dalam menemukan minat dan bakat agar kamu bisa memudahkan memasuki jurusan sesuai passion yang kamu tunjang sampai ke dunia pekerjaan.

Baca Juga: Harga Rerefensi CPO Turun Jadi US$ 723/MT

Jangan ragu untuk melakukan tes minat bakat atau berkonsultasi dengan guru atau konselor karier untuk mendapatkan panduan yang lebih jelas, jangan sampai selama 4 tahun kita sia-sia karena kita kuliah tidak sesuai jurusan sampai mendapatkan hasil yang kurang maksimal.

Pertimbangkan prospek karier dari jurusan yang akan kamu pilih. Setiap jurusan memiliki peluang kerja yang berbeda di masa depan, jadi penting untuk mencari tahu tentang peluang pekerjaan dan industri yang berkembang di bidang tersebut.

Melakukan riset kecil tentang perusahaan atau profesi yang ingin kamu geluti di masa depan akan membantu kamu memahami lebih baik apa yang bisa diharapkan setelah lulus.

Baca Juga: BI Sebut Digital Farming Mampu Dorong Peningkatan Produksi Pangan di Tanah Papua

Sesuaikan pilihan jurusan dengan gaya belajar kamu. Beberapa jurusan mungkin lebih teoritis, sementara yang lainnya lebih praktis. Jika kamu lebih suka mempelajari hal-hal melalui praktik langsung.

Pertimbangkan jurusan yang menawarkan banyak kesempatan magang atau kerja lapangan. Dengan mengetahui cara belajar yang paling efektif untukmu, kamu dapat memastikan bahwa pengalaman kuliahmu akan lebih menyenangkan dan produktif.***

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait