DECEMBER 9, 2022
Humaniora

4 Cara Ini Menghilangkan Homesick saat Merantau Jauh

image
Cara Menghilangkan Homesick Saat Merantau (  Pixabay/ phmaxiestevez)

BISNISABC.COM - Mengatasi homesick saat merantau jauh bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang pertama kali tinggal jauh dari keluarga.

Rasanya sangat sulit jika jauh dari orang-orang di rumah khususnya keluarga, apalagi bagi kamu yang sering sekali manja dengan orang tuanya.

Tapi ketika merantau akan banyak perbedaan dari kita harus mencari makan sendiri atau melakukan hal apapun sendiri.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

Supaya kamu bisa merasa enjoy saat merantau ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan, untuk pikiran tidak selalu memikirkan hal-hal di rumah yang membuatmu tidak nyaman di kota orang lain dan sulit untuk belajar mandiri.

Berikut 4 Cara yang perlu kamu terapkan jika kamu sedang homesick:

1. Journaling

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Naik Menjadi Rp15.401 per Dolar AS Setelah Data Lowongan Pekerjaan AS Melemah

Cara ini untuk memudahkan kamu untuk tidak, galau dengan rumah, kamu bisa melakukan aktivitas jurnalis, apapun kegiatan mu hari ini kamu bisa catat, dari keluh kesah, maupun apapun yang kamu dapat di luar supaya perasaan kamu lebih dulu tercurahkan ketika kamu belum punya teman untuk cerita.

2. Luangkan untuk menelpon orang tua

Teknologi saat ini memudahkan kita untuk melakukan panggilan video atau pesan singkat kapan saja. Dengan tetap terhubung, rasa rindu bisa sedikit berkurang dan kamu akan merasa tetap mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat.

Baca Juga: Gelar Program PAT, Kementerian Pertanian Turun ke Probolinggo

Seperti Vidio call teman, keluarga, maupun orangtua.

3. Buat Quotes Untuk Penyemangat

Dengan cara ini kamu bisa lakukan untuk penyemangat hidup atau pengingat bahwa kamu merantau untuk menggapai cita-cita, sebuah impian, sebuah mimpi yang harus kamu gapai, kamu bisa lakukan mencatat catatan-catatan pendek tempel ke dinding di handphone atau di manapun, yang bisa terjangkau oleh mata yang biasa sering kamu lihat ketika bangun tidur.

Baca Juga: Gus Ipul Resmi Dilantik sebagai Menteri Sosial: Siap Kolaborasi dan Tingkatkan Akurasi DTKS

4. Eksplorasi Tempat atau Pengembangan Diri Kamu

Dengan cara ini kamu bisa mencoba hal baru di tempat kamu, jika kamu suka makan, traveling agar bisa mengenal tempat yang kamu tinggali, jika perlu menyibukkan dengan bekerja atau ikut organisasi yang membuat kamu sedikit terobati rasa rindu itu, dengan berbaur, banyak teman, bertemu orang baru  kita bisa mengekspresikan diri kita.

Semoga bermanfaat.***

Baca Juga: Diskusi SATUPENA tentang Menjadi Penulis di Era AI, Satrio Arismunandar: Memengaruhi Tetapi Tidak Mengancam

Penulis: Putri Najwa Kiromah

Berita Terkait