DECEMBER 9, 2022
News

Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Varian Baru Clade 1b dari Virus Mpox

image
Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Varian Baru Clade 1b (Antara)

BISNISABC.COM - Kementerian Kesehatan Thailand mengonfirmasi penemuan kasus pertama varian baru Clade 1b dari virus Mpox, yang diduga lebih berbahaya daripada varian sebelumnya di negara tersebut.

Kasus ini ditemukan pada seorang pasien berusia 66 tahun yang tiba di Thailand dari Afrika pada 14 Agustus dan awalnya tidak menunjukkan gejala. Pasien tersebut kemudian didiagnosis terinfeksi Mpox setelah gejala mulai muncul.

"Departemen Pengendalian Penyakit telah mengumumkan hasil penelitian yang dilakukan oleh departemen sains kementerian, yang mengonfirmasi adanya varian Clade 1b dari virus Mpox," ujar pernyataan dari departemen tersebut.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 H, Download Gratis di Sini

Varian Clade 1b diperkirakan lebih menular dibandingkan dengan varian Clade 1 dan Clade 2 yang sebelumnya ditemukan di Thailand.

Kementerian sebelumnya menyatakan bahwa virus Mpox dapat menular melalui udara, meskipun tidak seefektif virus COVID-19.

Penyakit ini biasanya tidak menimbulkan kondisi serius dan dapat sembuh tanpa perawatan intensif, kecuali pada kasus dengan sistem imun yang lemah yang bisa menyebabkan komplikasi.

Baca Juga: Dibanderol Mulai Rp4,2 Juta, OPPO Reno12 F Series Resmi Meluncur

Minggu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah Mpox di Afrika sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.***

Sumber: Antara

Berita Terkait