DECEMBER 9, 2022
News

BMKG Sebut Hujan dan Cuaca Berawan Dominasi Wilayah Indonesia pada Kamis

image
BMKG Sebut Hujan dan Cuaca Berawan Dominasi Wilayah Indonesia (Antara)

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia pada hari Kamis akan didominasi oleh kondisi berawan dan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

"Untuk wilayah Jawa, cuaca berawan diperkirakan terjadi di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara itu, hujan ringan diprediksi terjadi di Serang dan Bandung," ujar Prakirawan BMKG, Andika F. Hapsari, dalam laporan cuaca di Jakarta.

BMKG juga menyebutkan Sumatera, yang akan hujan ringan di Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, dan Palembang.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Memulai Bisnis Buah untuk Pemula

Sedangkan Jambi dan Lampung diperkirakan akan diselimuti kabut dan awan tebal. Hujan lebat disertai petir berpotensi terjadi di Banda Aceh, Medan, Bengkulu, dan Pangkal Pinang.

"Cuaca cerah berawan dan berawan diperkirakan akan terjadi di Denpasar, Mataram, dan Kupang," tambahnya.

Di wilayah Kalimantan, Pontianak, Palangka Raya, dan Tanjung Selor diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi, sementara hujan ringan diprediksi terjadi di Samarinda dan Banjarmasin.

Baca Juga: Energi Fosil Versus Energi Terbarukan: Sisi Ekonomi dari Gerakan Ekologi dan Green Religions

Berpindah ke wilayah Sulawesi, lanjutnya, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang mungkin disertai kilat berpotensi terjadi di Gorontalo, Mamuju, Palu, Manado, dan Kendari. Sementara itu, Makassar diperkirakan akan diselimuti awan tebal.

Di wilayah Indonesia Timur, hujan ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di Ambon, Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya. Sementara Ternate dan Merauke berpotensi mengalami hujan lebat.

"Bagi yang ingin memantau cuaca secara lebih detail dan diperbarui setiap tiga jam sekali, dapat mengakses aplikasi BMKG," kata Andika F. Hapsari.***

Sumber: Antara

Berita Terkait