DECEMBER 9, 2022
News

BMKG Ingatkan Warga untuk Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir di Sumatera Utara

image
BMKG Ingatkan Warga untuk Waspadai Hujan Lebat Disertai Petir di Sumatera Utara (Antara)

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Sumatera Utara pada Kamis 15 Agustus 2024.

"Perhatikan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di daerah pegunungan, lereng barat, dan pantai barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," ungkap Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza.

Secara umum, cuaca di Sumatera Utara pada Kamis pagi diperkirakan akan berawan dengan kemungkinan hujan ringan. seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Kendalikan Inflasi, TPID Bengkulu Optimalisasi Kerjasama Antar Daerah

Pada siang hingga sore hari, ada kemungkinan hujan ringan hingga lebat disertai petir di beberapa daerah di Sumatera Utara.

Hujan dengan intensitas sedang diprediksi terjadi di wilayah Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Simalungun, Kota Gunung Sitoli, dan sekitarnya.

Sementara itu, daerah seperti Langkat, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, dan sekitarnya berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir.

Baca Juga: Harga Pangan Menurut Bapanas: Cabai Rawit Merah Turun Jadi Rp65.310 per Kg

Pada malam hari, sebagian besar wilayah Sumatera Utara berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang mungkin disertai petir.

Dini hari, kemungkinan hujan ringan akan terjadi di wilayah Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Kota Gunung Sitoli, dan sekitarnya.

Sementara itu, Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Dasmian Sulviani, melaporkan bahwa gelombang di Perairan Sumatera Bagian Utara saat ini berada dalam kategori sedang (1.25 - 2.5 meter) dan rendah (0.5 - 1.25 meter).

Baca Juga: 4 HP ASUS dengan Kamera Terbaik untuk 2024

Gelombang dengan kategori sedang meliputi Perairan utara Sabang, Perairan barat Aceh, Perairan Meulaboh - Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias - Sibolga, dan Samudera Hindia barat Nias.

Sementara gelombang di Selat Malaka bagian utara, Perairan Sabang - Banda, Perairan Lhokseumawe, dan Selat Malaka bagian tengah berada dalam kategori rendah.

Pola angin di Perairan Sumatera Bagian Utara di pesisir timur umumnya bertiup dari Timur Laut hingga Selatan, sementara di pesisir barat angin umumnya bertiup dari Barat Laut hingga Timur, dengan kecepatan angin antara 2-20 knot.

Baca Juga: Distankan Minta Petani Rejang Lebong Beralih Tanam Palawija saat Kemarau

"Kondisi gelombang ini diperkirakan akan terjadi dari malam Rabu hingga pagi Kamis," tambahnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait