DECEMBER 9, 2022
News

BMKG Sebut Banda Aceh Diguncang Gempa pada Selasa Dipicu Aktivitas Sesar Besar Sumatera

image
BMKG Sebut Banda Aceh Diguncang Gempa pada Selasa (Antara)

BISNISABC.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melaporkan bahwa gempa tektonik di Kota Banda Aceh, Aceh, pada Selasa malam disebabkan oleh aktivitas Sesar Besar Sumatera.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa ini merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera pada segmen Aceh-Central.

Episenter gempa terletak pada koordinat 5.29 derajat Lintang Utara dan 95.51 derajat Bujur Timur, dengan lokasi di darat sekitar 12 kilometer barat laut Jantho-Aceh Besar pada kedalaman 2 kilometer.

Baca Juga: PLN Gandeng ACWA Power & Pupuk Indonesia Kembangkan Hidrogen-Amonia Hijau

Gempa ini dirasakan di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan intensitas III-IV MMI, sementara di Lammo Aceh Jaya terasa dengan intensitas II MMI.

Daryono menambahkan bahwa gempa tersebut memiliki kekuatan 4,4 magnitudo berdasarkan data terkini. Hingga pukul 20.22 WIB, tidak ada laporan gempa susulan atau kerusakan yang disebabkan oleh gempa tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mempercayai informasi yang belum jelas kebenarannya hingga analisis lengkap dari BMKG tersedia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait