DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pegadaian Sebut Harga Emas Antam Bisa Tembus Rp1,5 Juta per Gram

image
Pegadaian Sebut Harga Emas Antam Bisa Tembus Rp1,5 Juta per Gram (Antara)

BISNISABC.COM - Senior Vice President Innovation Center PT Pegadaian, Ferry Hariawan memperkirakan harga emas Antam bisa mencapai Rp1,5 juta per gram pada tahun 2024.

Pegadaian sebagai penjual mengikuti analisis dari Bareksa dan berbagai analis investasi yang merangkum prediksi tersebut.

"Jadi, ada kemungkinan harga emas (Antam) bisa mencapai angka tersebut tahun ini,” ujar Ferry setelah peluncuran produk CIMB Niaga ‘Get Wealth Soon Octo Mobile x Pegadaian.

Baca Juga: TNI AL Sukses Gagalkan Penyelundupan 73.033 Benur Lobster di Pelabuhan Merak

Ferry menjelaskan beberapa faktor yang dapat memicu kenaikan harga emas ke depan. Pertama, dengan prediksi bahwa Bank Sentral AS (The Fed) akan memangkas suku bunga acuan pada kuartal ketiga tahun 2024, investor mungkin akan beralih ke emas sebagai investasi aman.

Faktor kedua adalah ketidakpastian geopolitik yang terus berlanjut, yang mendorong investor untuk berinvestasi dalam emas. Selain itu, peristiwa politik seperti pemilihan kepala daerah di Indonesia dan pemilihan umum di negara-negara lain juga mempengaruhi pergerakan harga emas.

“The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga dalam beberapa tahap, yang akan mendorong peralihan ke komoditas aman seperti emas. Selain itu, ketidakstabilan geopolitik, termasuk Pilkada di Indonesia dan Pemilu di berbagai negara, juga memengaruhi harga emas,” jelas Ferry.

Baca Juga: BPS Sebut Impor Nonmigas di Babel Naik hingga 83,62 Persen

Dia menambahkan bahwa pergeseran ke emas sebagai aset aman juga terjadi selama pandemi COVID-19, di mana transaksi emas sempat mencapai 2 ton.

“Jika kita melihat sejarah, selama pandemi dan konflik Rusia-Ukraina, harga emas melonjak. Pada tahun 2020, transaksi penjualan emas mencapai 2 ton,” kata Ferry.

Di sisi lain, harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang dipantau dari laman Logam Mulia pada pagi hari Selasa menunjukkan penurunan sebesar Rp7.000 per gram, menjadi Rp1.413.000 per gram. Harga sebelumnya adalah Rp1.420.000 per gram pada Senin (5/8/2024). Untuk harga jual kembali (buyback) emas batangan, Selasa ini berada di angka Rp1.266.000 per gram.***

Sumber: Antara

Berita Terkait