DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemkab Natuna Usulkan Tujuh Inisiatif Pengembangan Pariwisata ke Menparekraf

image
Tujuh Inisiatif Pengembangan Pariwisata (Antara)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna mengajukan tujuh inisiatif pengembangan pariwisata kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Proposal tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi kepada Menparekraf, pada acara Dendang Piwang di Kecamatan Bunguran Timur pada Sabtu 3 Agustus 2024.

Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti proposal dari Pemkab Natuna tersebut.

Baca Juga: Menyelam ke Dalam Diri: Pengantar Buku 71 Lukisan Tentang Renungan Jalaluddin Rumi dari Denny JA

Ia menekankan bahwa pengembangan wisata di Natuna penting untuk menjaga kedaulatan NKRI, mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan beberapa negara asing.

Selain itu, pengembangan ini juga bertujuan untuk mendukung Natuna dalam masuk ke UNESCO Global Geopark.

"Saya sudah menerima proposalnya dan berharap segera dapat dieksekusi ketika kembali ke Jakarta. Saya juga ingin mendorong beberapa program yang bisa didanai melalui Dana Alokasi Khusus," ujarnya.

Baca Juga: Sejahterakan Petani, Pj Gubernur Lampung Minta Bulog Terus Jaga Stabilitas Harga Beras dan Gabah

Bupati Natuna, Wan Siswandi, menekankan bahwa pengembangan wisata di Natuna harus dilakukan bersama-sama, dan meminta dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat. "Semoga usulan ini dapat direalisasikan oleh Pak Menteri," kata Wan.

Usulan yang diajukan meliputi peningkatan fasilitas promosi berstandar nasional dan internasional seperti mendatangkan influencer, pembuatan film pendek, menjadikan Natuna sebagai lokasi meeting dan konferensi setingkat nasional, menggelar festival berstandar internasional, serta memfasilitasi promosi pariwisata Natuna di tempat-tempat strategis.

Selain itu, usulan lainnya adalah mendatangkan investor ke Natuna, dukungan pengembangan infrastruktur destinasi wisata, pengembangan sarana dan prasarana pendukung geosite, pelancar akses dari dan ke Natuna, serta dukungan pengembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga: BPS Sebut Harga Beras Naik pada Juli 2024 Usai Musim Panen Raya

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan," tambahnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait