DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Kemenperin Dorong Transformasi Ekonomi Digital Lewat Tech Link Summit

image
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmi6ta dalam acara Tech Link Summit 2024 (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

BISNISABC.COM - Kementerian Perindustrian atau Kemenperin tengah mendorong transformasi ekonomi digital dengan mengajak kolaborasi antara pelaku industri dan badan usaha rintisan yang dalam pengembangan (startup).

Transformasi digital yang disarankan oleh Kemenperin tersebut melalui perhelatan Tech Link Summit 2024.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan acara yang digelar pada 18-20 Juli 2024 di Gedung PIDI 4.0 itu akan membuka kesempatan bagi industri untuk mengeksplorasi teknologi terapan dalam rangkaian proses bisnis perusahaan.

Baca Juga: Podcast Meghan Markle Tidak Akan Dilanjutkan karena Kesepakatannya dengan Spotify Berakhir

Seperti lini produksi, penyimpanan (warehouse), pemasaran, logistik dan transportasi, pengolahan limbah, efisiensi energi, serta pengelolaan manajemen perusahaan.

"Mari jadikan Tech Link Summit 2024 ini sebagai forum kolaborasi strategis startup dengan industri, akademisi, dan pemerintah untuk menciptakan ekosistem inovasi yang lebih kuat,” kata dia.

Dirinya menjelaskan Tech Link Summit dilaksanakan untuk menunjukkan manfaat dan memperkenalkan forum transformasi teknologi bersama startup Indonesia, supaya menginspirasi industri dan masyarakat untuk segera memulai perjalanan transformasi teknologi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Tahun 2024, Performa Tangguh untuk Para Gamer

"Sehingga kita bisa sampaikan ke masyarakat dan pelaku industri, bahwa inilah saatnya kita bangga inovasi startup Indonesia,” ujar Menperin.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Reni Yanita menyampaikan, selama acara ini berlangsung, Kemenperin akan memfasilitasi 60 pelaku industri, serta 54 startup teknologi untuk melakukan 1 on 1 business meeting. Selain itu, akan ada delapan sesi seminar, 11 sesi workshop, serta pameran teknologi dari 15 startup.

Reni turut menjelaskan, gelaran Tech Link Summit telah membuahkan kesepakatan kerja sama antara 17 startup dengan 18 dunia usaha industri dengan nilai transaksi Rp47 miliar.

Baca Juga: IHSG Rabu Sore Ditutup Melemah di Tengah Optimisme Pemangkasan Bunga The Federal Reserve

“Penandatanganan kerja sama tersebut tercatat senilai Rp47 miliar,” kata Dirjen IKMA.

Di samping kesepakatan bisnis tersebut, Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut juga menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka program penumbuhan dan pengembangan startup berbasis teknologi, dengan PT. Akselerasi Ide Nusantara (Alpha JWC Ventures), PT. New Energy Nexus, Venturi Startup Studio, serta Leave a Nest Group.

“Kegiatan Tech Link Summit 2024 juga didukung penuh oleh PIDI 4.0, Kadin Indonesia, Asosiasi Cloud Computing Indonesia, Leave a Nest, Fordigi BUMN, Imajin, serta berbagai pihak lain,” kata Reni.***

Sumber: Antara

Berita Terkait