DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Dinas Pertanian Sebut Persediaan Pupuk Bersubsidi di Lebak Cukup untuk Masa Tanam 2024

image
Pupuk bersubsidi guna meningkatkan produksi pangan. (ANTARA/Mansur)

BISNISABC.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Lebak menjamin pupuk bersubsidi untuk mendukung gerakan percepatan tanam tahun 2024 relatif aman.
 
"Persediaan pupuk bersubsidi melimpah dan terpenuhi kebutuhan petani," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Deni Iskandar.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak memastikan stok pupuk bersubsidi relatif aman dan mencukupi untuk meningkatkan produksi pangan menuju swasembada pangan.
 
Selama ini, pendistribusian pupuk bersubsidi tidak ada masalah dan selalu melimpah juga dapat diakses oleh petani setempat melalui agen dan kios yang ditunjuk pemerintah daerah.
 
Petani lebih mudah untuk mengakses pupuk bersubsidi dengan membeli di tingkat distributor maupun agen resmi.
 
Namun demikian, penyaluran pupuk itu tetap mengacu pada pengajuan Rencana Definitif Kebutuhan Kebutuhan Kelompok (RDKK) agar tidak terjadi penyelewengan, sebab masyarakat membeli pupuk bersubsidi harus tercatat pada RDKK.
 
Saat ini, kata Deni, stok pupuk bersubsidi jenis urea tersedia sebanyak 24.249 ton, NPK 24.158 ton dan organik
4.281 ton.
 
"Kami yakin stok pupuk bersubsidi relatif cukup untuk memasuki musim tanam kedua guna mendukung program swasembada pangan," katanya menjelaskan.
 
Ia mengatakan, juga sudah beberapa kali menggelar pelatihan produksi pupuk organik dari kotoran hewan dan jerami sampah.
 
Keunggulan pupuk organik itu dapat mengurangi kerusakan tanah pertanian dan ramah lingkungan juga membantu petani dalam meningkatkan produktivitas menjadi lebih tinggi.
 
"Kita berharap petani nantinya mampu memproduksi pupuk organik yang terbuat dari kotoran ternak maupun jerami sampah untuk dijadikan kompos, sehingga tidak ketergantungan pupuk kimia," kata Deni.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Blok Sentral Rangkasbitung Kabupaten Lebak Ahmad (60) mengaku selama ini persediaan pupuk bersubsidi terpenuhi dan bisa diakses di kios resmi.
 
"Kami berharap dengan terpenuhi pupuk bersubsidi itu dapat meningkatkan produksi pangan sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan," katanya menjelaskan.

Sumber: Antara

Berita Terkait