DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Destinasi Wisata Bantul Dapat Kunjungan 50.824 Orang Saat Libur Akhir Pekan

image
Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (ANTARA/Hery Sidik)

BISNISABC.COM - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul mendapat kunjungan wisata sebanyak 50.824 orang selama libur panjang akhir pekan pada awal Juli 2024.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan data kunjungan wisata selama libur 'weekend' 5-7 Juli sebanyak 50.824 orang.

"Dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp736 juta," kata Markus, seperti dikutip dari Antara pada 8 Juli 2024.

Baca Juga: Erick Thohir: Akhlak BUMN Bukan Berarti Tak Ada yang Korupsi

Menurut dia, data kunjungan wisata tersebut dihimpun dari semua tempat pemungutan retribusi (TPR) masuk wisata di semua pantai selatan Bantul dari Pantai Parangtritis ke barat hingga Pantai Baru, dan sejumlah objek wisata alam beretribusi lainnya.

"Untuk malam 1 Muharram (Tahun Baru Islam 2024) atau pada 6 Juli malam, kawasan pantai selatan Bantul dikunjungi sebanyak 19.263 wisatawan," katanya.

Menurut dia, tingkat kunjungan dan realisasi pendapatan sektor pariwisata pada 5-7 Juli tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode yang sama selama libur akhir pekan sebelumnya.

Baca Juga: Pemkab Natuna Gelar Program Natuna Kreatif untuk Pasarkan Produk Khas Daerah

"Naik sebesar 33 persen dibanding dengan libur weekend yang lalu, dari tanggal 28-30 Juni tercatat sebanyak 38.149 pengunjung dengan perolehan PAD sebesar Rp549 juta," katanya.

Menurut dia, kenaikan kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul tersebut salah satunya karena bertepatan dengan libur sekolah, dan juga libur 1 Muharram yang oleh sebagian masyarakat dimanfaatkan berlibur ke wisata Pantai Bantul.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan, data kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul dalam sepekan 1-7 Juli 2024 sebanyak 82.532 orang dengan perolehan PAD pariwisata sebesar Rp1,19 miliar.

Baca Juga: Promosi Wisata Lokal, Pemkab Bangka Barat Tingkatkan Peran Pemuda 

"Mengalami kenaikan kunjungan sebesar 29 persen dibanding periode mingguan yang lalu, tingkat kunjungan 24-30 Juni sebanyak 63.860 orang dengan perolehan PAD sebesar Rp921 juta," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait