DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Pemkab Biak Berdayakan Nelayan OAP Agar Dapat Mengolah Hasil Tangkapan

image
Pemkab Biak memberdayakan pengolahan ikan bagi Nelayan OAP (ANTARA/Muhsidin)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, memberikan pembinaan terhadap nelayan Orang Asli Papua (OAP).

Pembinaan yang dilakukan oleh Pemkab Biak kepada OAP difokuskan untuk dapat mengolah hasil perikanan menjadi kuliner khas Biak.

Pembinaan OAP yang digalakkan Pemkab Biak lewat program pelatihan pengolahan hasil ikan melalui Dinas Perikanan dan Dinas Perindustrian Perdagangan.

Baca Juga: Izinkan Nelayan Tangkap Benur Lobster di Alam, Dinas Perikanan Sukabumi: Namun Ada Syaratnya

Kadis Perikanan, Effendi Igirisa mengatakan, potensi sumber daya alam perikanan Biak Numfor sangat melimpah.

Sehingga, sangat dibutuhkan bekal pelatihan untuk menambah ketrampilan nelayan bersangkutan.

Dia mengakui, keterampilan mengolah hasil ikan menjadi kuliner pangan lokal dapat dihasilkan lewat program pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas nelayan OAP.

Baca Juga: Pastikan Tak Ada Kendala Listrik Saat Idul Adha, PLN UID Sulselrabar: 2.775 Personel Diterjunkan

"Saya berharap dengan adanya pemberdayaan terhadap nelayan OAP dapat berjalan sesuai dengan program pemerintah daerah," katanya, seperti dikutip dari Antara pada 26 Juni 2024.

Sebelumnya, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Yubelius Usior mengatakan, pemberdayaan keterampilan nelayan OAP untuk mengolah hasil perikanan Biak menjadi makanan bergizi harus menjadi prioritas program.

"Peningkatan keterampilan nelayan OAP telah dilakukan pemerintah lewat Kementerian Perindustrian di Jakarta dengan memberikan pelatihan ketrampilan pengolahan hasil ikan," katanya pula.

Baca Juga: Bersihkan 35 Ton Sampah Usai HUT ke 497 Jakarta, Pemkot Jakpus Turunkan 876 Personel Kebersihan

Selain nelayan OAP mendapat pelatihan keterampilan, menurut Usior, pemerintah juga telah memberikan bantuan berupa peralatan untuk pengolahan hasil ikan nelayan.

Untuk bantuan peralatan pengolahan hasil perikanan untuk nelayan OAP, kata dia, berupa peralatan masak, freezer, kompor gas, alat kemasan produk serta berbagai alat masak lainnya.

"Dengan peralatan bantuan pengolahan hasil perikanan dapat memberikan kepada nelayan," katanya pula.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan di Laut, Kemenhub Bagikan 200 Pelampung Gratis ke Nelayan Tanjung Perak

Berdasarkan data potensi hasil ikan tuna di perairan Biak Numfor mencapai 800 ribu ton/tahun hingga satu juta ton per tahun.***

Sumber: Antara

Berita Terkait