DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Gubernur Kaltara: Peluang Kerja Sama dengan Finlandia Terbuka

image
Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat di Helsinki, Finlandia diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Helsinki, Ratu Silvy Gayatri dan suami. (ANTARA/HO-DKISP Kaltara)

BISNISABC.COM - Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang mendapatkan kehormatan untuk hadir dalam rangkaian kegiatan Indonesia Finlandia Festival (IFF) 2024.

"Dari pertemuan ini, peluang kerja sama antara Kaltara dengan Finlandia terbuka," ucap Zainal, seperti dikutip dari Antara pada 24 Juni 2024.

Gubernur beserta rombongan terlibat dalam kegiatan pameran produk UMKM dan pentas seni budaya lokal Kaltara.

Baca Juga: Agar Produktivitasnya Naik, PJ Gubernur Sulbar Dorong Petani Bawang Manfaatkan KUR 

Peluang kerja sama terbuka karena Menteri Luar Negeri Indonesia dan Finlandia belum lama ini sudah menandatangani MoU untuk penguatan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, smart city dan energi terbarukan.

Nilai investasi kedua negara juga tumbuh pesat pada 2023, yakni mencapai USD 713 juta atau setara 22 persen. 

Sedangkan sektor yang menjadi fokus kedua negara ke depan adalah mendorong peningkatan investasi pada "smart city" dan energi terbarukan.

Baca Juga: Pantau Harga Sembako di Polman Jelang Idul Adha, Pj Gubernur Sulbar Terjun ke Pasar

Gubernur juga diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Helsinki Ratu Silvy Gayatri dan suami beserta staf yang dirangkai gala dinner di Wisma Duta Indonesia pada 19 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Ratu Gayatri mengatakan pihaknya merasa terhormat dan bangga karena dikunjungi langsung oleh Gubernur Kaltara beserta istri dan rombongan.

“KBRI Helsinki tidak terlalu besar, jumlah staf lebih kurang 16 orang semuanya, jadi mohon maaf jika ada pelayanan kami yang kurang dalam kunjungan ke Helsinki,”  kata Ratu Gayatri.

Baca Juga: Lomba Perahu Naga Bisa Tarik Wisatawan, Gubernur Kepri: Apalagi Digelar pada Hari Libur

Finlandia adalah negara yang populasinya cukup kecil, sekitar 5,5 juta saja namun negara ini memiliki sistem tata kelola pemerintahan yang sangat baik, sehingga mampu menjamin kebahagiaan atau kepuasan warganya.

Hal tersebut bisa terlihat pada pelayanan pendidikan, kesehatan, transportasi dan lingkungan yang relatif terjangkau dan aman.

“Kita patut belajar dengan Finlandia dalam tata kelola pemerintahan yang baik seperti ini,” ucap Ratu Gayatri.

Baca Juga: Panen Komoditas Pangan di Lahan 2 Hektar, Pj Gubernur Bali Sebut Dapat Tekan Inflasi

Gubernur Zainal dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada KBRI Helsinki karena telah mengundang Kaltara dan menerima langsung secara baik di Wisma Duta.

“Kaltara salah satu provinsi baru di Indonesia, kami terus belajar dan berbuat untuk menjadi daerah yang maju dan sejahtera sesuai visi misi kami 2021-2026,” ujar Gubernur.***

Sumber: Antara

Berita Terkait