DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Tanaman Tembakau di Temanggung Capai 9 Ribu Hektare, DKPP: Itu Belum Semua Petani Menanam

image
Petani Kabupaten Temanggung mulai bercocok tanam tembakau. (ANTARA/Heru Suyitno)

BISNISABC.COM - Tanaman tembakau di Temanggung, Jawa Tengah, telah mencapai sekitar sembilan ribu hektare pada musim tanam hingga Mei 2024.

"Tetapi itu belum semua petani menanam," ata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto. 

"Dan sampai saat ini masih banyak petani di kawasan Gunung Sumbing baru menanam," imbuhnya, seperti dikutip dari Antara pada 22 Juni 2024.

Baca Juga: Pemprov Sumut Sebut Padi Varietas Inpari 32 Paling Banyak Diminati Petani

Joko menyebutkan, di Kabupaten Temanggung tanaman tembakau sudah ditanam di kawasan Gunung Prahu dan Gunung Sindoro.

"Antara lain di Kecamatan Tretep, Wonoboyo, Ngadirejo, Parakan, dan Kledung," katanya.

Kini di lahan persawahan sedang melaksanakan penanaman tembakau, termasuk di Kawasan Gunung Sumbing sampai akhir Juni 2024.

Baca Juga: Guna Menekan Inflasi, Pemkab Bangka Tengah Ajak Petani Budidayakan Tanaman Cabai

"Petani di wilayah Temanggung bagian selatan biasanya penanaman tembakau paling akhir dibanding wilayah Temanggung bagian utara yang lebih dulu," kata Joko.

Ia memperkirakan luas lahan tanaman tembakau yang ditanam para petani hingga akhir tanam tahun ini sekitar 13-14 ribu hektare.

Pada musim tanam tembakau 2024, DKPP Kabupaten Temanggung pada masa tanam tembakau tahun ini menyediakan bantuan gratis benih tembakau unggulan lokal sebanyak 100-120 kilogram, khususnya jenis kemloko 1, 2, 3, 4, 5 dan kemloko 6.***

Sumber: Antara

Berita Terkait