DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Usulkan HET Minyakita Naik Menjadi Rp15.500 per Liter, Mendag: Mau Kita Rapatkan

image
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (ANTARA/Harianto)

BISNISABC.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan hendak mengusulkan harga eceran tertinggi (HET) Minyakita menjadi Rp15.500 per liter.

Artinya, Zulhas mengusulkan kenaikan HET Minyakita sebesar Rp1.500, dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter.

"Ini nanti kita mau rapatkan, nanti kita bicarakan dulu kalau memang sudah disepakati," kata Zulhas, seperti dikutip dari Antara pada 20 Juni 2024.

Baca Juga: Stok Minyak Tanah di Ambon Dipastikan Cukup Jelang Perayaan Idul Adha 1445 H

Mendag menyampaikanperubahan ini dilakukan mengikuti nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) saat ini sudah melebihi Rp16.000.

"Karena kan disesuaikan juga, dulu kan rupiah Rp14.500, sekarang sudah Rp16.000 lebih. Nanti khawatir kalau nggak disesuaikan ekspornya jauh beda harganya," ujar Mendag.

Selain itu, Mendag yang akrab disapa Zulhas ini, juga menyampaikan bahwa usulan kenaikan harga eceran tertinggi Minyakita juga menyesuaikan dengan kenaikan harga bahan pokok lainnya, seperti beras yang saat ini sudah mengalami kenaikan harga.

Baca Juga: Disperindag Babel Tambah Pasokan 319,3 Ton Minyak Goreng Jelang Idul Adha

"Karena kan sekarang di pasar juga memang beras saja kan dari harga Rp10.900 per kg (beras premium) jadi Rp12.500 per kg. Jadi, naiknya Rp1.600, itu harga beras," tutur Zulhas.

Meski begitu, dia menegaskan tidak ada rencana untuk mengubah aturan domestic market obligation (DMO) untuk bahan baku minyak goreng domestik.

Pada sisi lain, dengan naiknya harga Minyakita dari Rp14.000 menjadi Rp15.500, dinilai tetap akan lebih murah dari minyak goreng kemasan premium. Namun, Zulhas tidak merinci lebih jelas harga minyak goreng premium.

Baca Juga: Warga Ambon Diimbau Beli Minyak Tanah Secukupnya, Pemkot Sebut Agar Tak Terjadi Kelangkaan

"Jadi, memang sudah saatnya (harga) Minyakita naik. Kalau minyak premium lebih mahal lagi (dari harga Minyakita)," katanya lagi.

Zulhas menambahkan bahwa usulan kenaikan harga minyak kita masih akan dirapatkan. Sehingga, dia tidak menyebutkan kapan penetapan HET Minyakkita.***

Sumber: Antara

Berita Terkait