DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Shin Tae-yong Atasi Kelelahan Pemain Timnas Usai Laga Melawan Arab Saudi

image
Shin atasi keletihan timnas Indonesia (Antara)

BISNISABC.COM - Pelatih Timnas nasional Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa dia dan stafnya bekerja keras untuk mengatasi kelelahan tim setelah hasil imbang 1-1 melawan tuan rumah Arab Saudi dalam laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Jumat 6 September 2024 dini hari WIB.

"Secara keseluruhan, tim dalam kondisi baik, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa mereka merasa lelah," kata Shin di sela-sela latihan timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Minggu.

Oleh karena itu, pelatih asal Korea Selatan ini memutuskan untuk memberikan latihan yang tidak terlalu berat kepada pemain, terutama bagi mereka yang tampil melawan Arab Saudi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Personal Branding? Begini Penjelasan dari Caroline Castrillon

Salah satu pemain yang menjadi perhatian Shin adalah kiper Maarten Paes. Paes, yang melakukan penyelamatan penalti yang krusial saat melawan Arab Saudi, dianggap Shin merasa kelelahan karena harus berpindah dari Amerika Serikat ke Arab Saudi, kemudian langsung menuju Indonesia setelah pertandingan.

"Paes harus melakukan perjalanan dari Amerika Serikat ke Arab Saudi dan langsung ke Indonesia setelah bertanding," jelasnya.

Shin ingin memastikan bahwa stamina pemain tetap terjaga untuk pertandingan berikutnya melawan Australia pada Selasa (10/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: Helikopter Rusia Mi-8 yang Hilang Ditemukan Terjatuh di Kamchatka

Kondisi fisik yang menurun bisa mempengaruhi konsentrasi dan performa tim di lapangan.

Shin Tae-yong berharap Indonesia bisa meraih poin penuh saat melawan Australia di kandang sendiri. "Kami bermain di kandang, jadi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan poin," tambahnya.

Saat ini, Shin Tae-yong tidak melaporkan adanya cedera di skuadnya, artinya semua pemain siap bertanding melawan Australia.

Baca Juga: Tanggapan Satrio Arismunandar pada Diskusi SATUPENA: Filologi Punya Arti Penting Bagi Profesi Penulis

Namun, dari 26 pemain yang dipanggil untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024, ada beberapa yang belum bergabung, termasuk bek Justin Hubner.

Justin tidak dapat bermain melawan Arab Saudi karena masih menjalani sanksi larangan bermain satu pertandingan akibat akumulasi kartu kuning di putaran kedua.

"Kondisi Justin akan mempengaruhi permainan kami, tergantung pada bagaimana situasinya nanti," kata Shin.

Baca Juga: Ribuan Demonstran Serbu Kedutaan Besar Israel di London Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di bawah Jepang (enam poin), Bahrain (enam poin), dan Arab Saudi (satu poin).

Australia dan China berada di posisi kelima dan keenam dengan nol poin. Arab Saudi berada di atas Indonesia karena mendapatkan dua kartu kuning dibandingkan dengan tiga kartu kuning yang diterima Indonesia.***

Sumber: Antara

Berita Terkait