DECEMBER 9, 2022
News

Polri Maksimalkan Pengamanan KTT IAF Ke-2

image
Polri kerahkan anjing pelacak (Antara)

BISNISABC.COM - Polri telah mengerahkan tim K9 atau anjing pelacak untuk meningkatkan pengamanan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Afrika Forum (IAF) Ke-2 dan High Level Forum on Multi Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024 di Bali.

Kasubag Sterilisasi K9, Kombes Pol Soedaryono, dalam pernyataan resminya di Jakarta pada hari Minggu, menjelaskan bahwa sebanyak 18 anjing pelacak telah dikerahkan. Tiga ras yang dilibatkan termasuk Belgian Malinois, German Shepherd, dan Labrador. Tim K9 ini terdiri dari lima anjing dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri, lima anjing dari Polda Jateng, dan delapan anjing dari Polda Jatim, yang semuanya sudah berada di lokasi sejak 28 Agustus 2024.

Soedaryono menjelaskan bahwa anjing-anjing pelacak ini dilatih khusus untuk mendeteksi bahan peledak dan bahan berbahaya lainnya. Berbeda dengan manusia yang memiliki kemampuan penciuman terbatas, K9 dapat mendeteksi bahan berbahaya bahkan jika tercampur dengan substansi lain, terutama dalam lingkungan yang kompleks.

Baca Juga: Duit Untuk Suntik Mati PLTU Batu Bara Yang Sudah Terkumpul Mencapai Rp 7,6 T

Tugas dari anjing-anjing ini meliputi sterilisasi, deteksi, dan memastikan bahwa lokasi acara bebas dari ancaman atau bahaya untuk memastikan kelancaran acara internasional tersebut. Pola pengamanan mengikuti arahan Paspampres di ring 1, termasuk pengecekan menyeluruh di lokasi seperti Hotel Mulia, mencakup area dalam ruangan, tempat parkir, kamar, dan ruang-ruang penting lainnya.

Soedaryono menyebutkan bahwa pengamanan menyeluruh ini penting karena beberapa tamu negara menginginkan jaminan bahwa tempat acara telah disterilkan dengan baik. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk memastikan bahwa lokasi KTT IAF Ke-2 dan HLF MSP 2024 aman dan nyaman.

Selain itu, TNI-Polri telah menyiagakan 13.000 personel untuk mengamankan acara internasional ini yang berlangsung pada 1–3 September 2024 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Kepala Baharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, menyatakan bahwa pengamanan TNI-Polri selama IAF Ke-2 dan HLF MSP 2024 mempertegas posisi Indonesia sebagai tempat yang aman untuk diplomasi internasional.***

Sumber: Antara

Berita Terkait