DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Menparekraf Sebut Kabupaten Natuna Masuk Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

image
Natuna Masuk Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (Antara)

BISNISABC.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengumumkan bahwa Kabupaten Natuna telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Menurut Menparekraf, hal ini berarti bahwa fasilitas pada objek wisata di Natuna akan terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Di Natuna, Menparekraf menekankan pentingnya perbaikan fasilitas dilakukan secara kolaboratif, dan pemerintah pusat akan menyediakan dukungan melalui dana alokasi khusus (DAK).

Baca Juga: Daop Jember Perpanjang Rute KA Blambangan Ekspres dari Stasiun Ketapang Menuju Stasiun Pasar Senen Jakarta

"Karena Natuna kini merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Bupati dan Wakil Bupati bisa mengajukan dana alokasi khusus untuk pembangunan fasilitas," katanya, seperti dikutip dari Antara.

Dia juga menyoroti keunikan wisata Natuna, yang memiliki bebatuan langka di beberapa lokasi wisata dan telah ditetapkan sebagai taman bumi nasional.

Untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Natuna, Sandiaga berencana mengadakan berbagai acara berskala nasional di wilayah tersebut. Kegiatan ini juga bertujuan menurunkan harga tiket pesawat ke dan dari Natuna.

Baca Juga: Dinilai Ada Kecurangan, Negara Amerika Latin Tolak Akui Hasil Pilpres Venezuela

"Kami akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan serta menyelenggarakan beberapa event nasional di Natuna," ungkapnya.

Dia memprediksi bahwa harga tiket pesawat dari dan ke Natuna akan mengalami penurunan sekitar 10 persen dalam waktu dekat, dengan penurunan diperkirakan terjadi pada bulan Oktober 2024.

Sandiaga berharap bahwa di bawah kepemimpinan presiden terpilih, Prabowo Subianto, pengembangan pariwisata Natuna akan menjadi prioritas utama.

Baca Juga: Bapanas Sebut Harga Bawang Naik dan Beras Medium Turun di Tingkat Pedagang Eceran

"Keindahan alam dan budaya Natuna sangat menakjubkan. Kami berharap ini akan menjadi fokus utama dalam kepemimpinan Pak Prabowo dan Mas Gibran," tutupnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait