DECEMBER 9, 2022
Keuangan

Nilai Tukar Rupiah Selasa Sore Menguat, saat Pasar Cermati Optimisme Presiden Terpilih Prabowo

image
Nilai tukar rupiah hari ini (Antara)

BISNISABC.COM - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Selasa ditutup menguat di tengah pasar mencermati prospek optimisme Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Pada akhir perdagangan Selasa 23 Juli 2024, nilai tukar rupiah naik 6 poin atau 0,04 persen menjadi Rp16.214 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.220 per dolar AS.

"Melihat prospek optimisme Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan program yang dilakukan Jokowi serta mendapat hasil positif dari program dua periode kepemimpinan Jokowi, serta potensi besar pemangkasan suku bunga The Fed yang terjadi pada September, besar kemungkinan ekonomi Indonesia tumbuh dan kuat yang selanjutnya berimplikasi terhadap nilai tukar rupiah ke depannya," kata analis Finex Brahmantya Himawan saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Profil Sadiq Akasya, CEO baru Bio Farma senilai Rp 8,4 miliar

Pemerintahan baru Prabowo-Gibran mendapat tantangan untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 ke depannya untuk merealisasikan janji politiknya mengenai, makan siang gratis, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta kenaikan gaji PNS yang masuk ke dalam anggaran belanja serta membebani APBN sehingga hanya akan memiliki sedikit ruang bagi pemerintahan baru untuk merealisasikan program-program unggulan lainnya.

Namun, Presiden terpilih Prabowo optimistis bahwa ekonomi Indonesia akan tumbuh hingga 8 persen pada masa kepemimpinannya dan melihat hasil dari program-program yang sudah dijalankan Presiden Jokowi selama dua periode.***

Sumber: Antara

Berita Terkait