DECEMBER 9, 2022
Bisnis

Sekda Katingan Instruksikan Jajaran Dinas Semakin Kreatif Gali Sumber PAD

image
Sekda Katingan instruksikan dinas kreatif gali sumber PAD

BISNISABC.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Pransang menginstruksikan jajaran dinas semakin kreatif dalam mengidentifikasi dan menggali sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kita harus memperhatikan pencapaian pendapatan asli daerah, mencari dan menggali sumber-sumber pendapatan daerah, menyampaikan laporan realisasi dan kendala yang dihadapi agar didapatkan pemecahan masalahnya," kata Pransang.

Identifikasi potensi ini menjadi diperlukan agar nantinya Pemkab Katingan mampu meningkatkan PAD pada sektor-sektor yang saat ini belum tergarap secara maksimal.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Wisata Adat Osing Banyuwangi Layak Ditawarkan ke Wisatawan Mancanegara

"Melalui identifikasi ini, kita juga bisa menyiapkan landasan seperti peraturan sebagai dasar penetapan penambahan target pendapatan asli daerah," kata Pransang.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat membuka Rapat Pimpinan Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Rapim Tepra) dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan II Tahun 2024.

Sekda Katingan juga meminta agar seluruh instansi di lingkungan pemkab setempat bisa memastikan program dan kegiatan berjalan dengan baik secara kualitas dan kuantitas.

Baca Juga: Siap Gelar Cocotech, Kemendag Bahas Ekonomi Hijau Komoditas Kelapa

"Perangkat Darah dan Kecamatan segera memacu pelaksanaan pembangunan tahun 2024 khususnya yang bersifat fisik agar tidak terkendala cuaca, dan bersama-sama menjaga stabilitas harga-harga bahan kebutuhan pokok dalam penanganan Inflasi," katanya.

Rapim Tepra dan Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan ini dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Katingan bekerja sama dengan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Katingan.

Pransang mengatakan, pelaksanaan rapat pimpinan Tepra dan Rakordal momentum yang tepat bagi seluruh perangkat daerah dan kecamatan untuk mencermati capaian kinerja dan mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Baca Juga: Pemprov Kalbar Wujudkan Transformasi Koperasi Jadi Modern dan Berkualitas

"Serta dalam rangka mengawal proses perencanaan prioritas pemerintah Kabupaten Katingan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Katingan Tahun 2024–2026," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait