DECEMBER 9, 2022
News

Perkuat Produksi Pangan, Pemkab Lebak Optimalkan Lahan 331 Ribu Hektare

image
Pemkab Lebak Optimalkan Lahan 331 Ribu Hektare (ANTARA/Mansyur)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten berencana untuk memperkuat produksi pangan dengan cara mengoptimalkan lahan seluas 331 ribu hektare.

"Kita minta petani memanfaatkan lahan itu untuk ditanami pertanian pangan," Kata Penjabat (Pj) Bupati Lebak Iwan Kurniawan

"Seperti padi, umbi-umbian, sayur-sayuran dan jagung," imbuhnya, seperti dikutip dari Antara pada 20 Juni 2024.

Baca Juga: Bulog Jatim Dorong Kesejahteraan Petani Melalui Program Mitra Tani

Pengoptimalan lahan tersebut untuk menindaklanjuti perjanjian kerja sama antara Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
 
Perjanjian kerja sama itu untuk merealisasikan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024-2029 untuk memperkuat produksi pangan nasional sehingga terwujud kemandirian pangan dan mengurangi ketergantungan impor.
 
Saat ini, lahan di Kabupaten Lebak begitu luas hingga mencapai 331 ribu hektare terdiri dari lahan tadah hujan maupun lahan reguler, sehingga dapat menyumbangkan ketersediaan pangan nasional.
 
Oleh karena itu, pihaknya minta kelompok tani dapat mengoptimalkan lahan tersebut guna menghasilkan produksi pangan juga peningkatan ekonomi masyarakat.
 
"Kami yakin lahan itu jika dioptimalkan dapat memenuhi ketersediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Iwan.
 
Menurut dia, pemerintah telah melakukan berbagai program pertanian di antaranya menyalurkan benih padi dan pompa untuk mengatasi kesulitan air pada musim kemarau berkepanjangan.
 
Selain itu juga memberikan benih kopi untuk lahan seluas 100 hektare di Kabupaten Lebak.
 
Penyaluran program pertanian itu tentunya pemerintah daerah mendukung di tengah keterbatasan anggaran.
 
"Kami berharap pengoptimalan lahan itu dapat meningkatkan produksi pangan dan bisa menyumbangkan ketersediaan pangan nasional," kata Iwan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait