DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Guna Tingkatkan Daya Beli Warga, Pemkab Lebak Kendalikan Laju Inflasi

image
Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Pemerintah Kabupaten Lebak Ajis Suhendi.(ANTARA/Mansur)

BISNISABC.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, mengendalikan laju inflasi untuk meningkatkan daya beli warha.

Selain itu, dengan pengendalian laju inflasi, Pemkab Lebak berharap dapat terpenuhinya kebutuhan konsumsi pangan keluarga.
 
"Kita mengapresiasi daya beli masyarakat hingga kini relatif stabil, karena inflasi bisa dikendalikan," kata Asisten Daerah (Asda) II Sekretariat Kabupaten Lebak, Ajis Suhendi.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak mampu mengendalikan inflasi pada Januari 2024 dari 4,14 persen menurun pada bulan Mei menjadi 2,1 persen.
 
Dari 2,1 persen itu kembali menurun pada Juni 2024 menjadi 1,37 persen, sebagaimana dikutip dari Antara pada 3 Juli 2024.
 
Selama ini, kata dia, nilai inflasi di Kabupaten Lebak berhasil dikendalikan  di bawah nasional 2,51 persen juga di bawah provinsi 2,49 persen.
 
"Kami mampu mengendalikan inflasi sehingga daya beli masyarakat Kabupaten Lebak relatif stabil dan normal," katanya.
 
Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Lebak berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Perum Bulog untuk pengendalian inflasi.
 
Diantaranya merealisasikan pasar murah, penyaluran bantuan sosial bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa bantuan beras.
 
Selanjutnya, gerakan pangan murah juga ketersediaan pasokan bahan pokok dan stabilitas harga di pasaran.

Di Kabupaten Lebak hingga kini tidak ditemukan ada kerawanan pangan sehingga inflasi bisa dikendalikan.
 
"Kami minta petani dapat mengoptimalkan lahan untuk ditanami padi, hortikultura dan palawija untuk memenuhi ketersediaan pangan masyarakat," kata Ajis.***

Sumber: Antara

Berita Terkait