DECEMBER 9, 2022
News

BMKG Imbau Agar Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Selat Malaka

image
Ilustrasi gelombang tinggi di laut (ANTARA/HO)

BISNISABC.COM - Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Medan mengimbau kepada semua pihak untuk waspada potensi terjadinya gelombang tingg di Selat Malaka bagian Utara.

"Kondisi yang sama juga dapat terjadi di perairan utara Sabang," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadhillah, seperti dikutip dari Antara pada 22 Juni 2024. 

Lalu gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Perairan barat Aceh, hingga Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Pulau Enggano.

Baca Juga: BMKG sajikan info prakiraan cuaca jalur darat di Jateng

Terkait gelombang tinggi tersebut, kata dia, kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal berukuran besar lainnya seperti kapal kargo dan kapal pesiar, untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, juga diharapkan agar tetap selalu waspada," katanya.

Ia menyebutkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya - barat dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot.

Baca Juga: Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Manado pada Minggu Pagi, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Banda bagian Selatan, dan Laut Arafuru.***

Sumber: Antara

Berita Terkait