Bis - 14 Agustus 2023 Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak"> Bis - 14 Agustus 2023 Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak"> Bis - 14 Agustus 2023 Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak"> BISNISABC.COM - bisnisabc.com
DECEMBER 9, 2022
BisnisABC.com

Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak!

image
Potret Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi (Infobintaro)

Bis - 14 Agustus 2023 Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak! Jakarta - Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja.  Era ini menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui live shopping. Vice President Content Marketing Platform Tokopedia Nirmala Hapsari mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan zaman sekarang, Tokopedia membuat channel live streaming Tokopedia PLAY yang sudah ada sejak tahun 2018.  Ia mengungkapkan, jumlah kendaraan Trading yang menggunakan fungsi Tokopedia PLAY telah ditingkatkan. meningkat lebih dari 7 kali lipat dan transaksi beberapa penjual bahkan meningkat lebih dari 60 kali lipat. “Tokopedia PLAY menambahkan nilai pada strategi pemasaran digital merchant, dimulai dengan memberikan peluang promosi dan awareness melalui peningkatan store engagement.  Penjual juga bisa berkolaborasi dengan pembuat konten untuk menarik lebih banyak calon pembeli,” jelas Nirmala dalam keterangan tertulis, Kamis (10/8/2023). Lebih lanjut ia menjelaskan kategori produk terlaris di Tokopedia PLAY semester I 2023 adalah Food & Beverage, Fashion, Beauty & Body Care, Health dan Home. “Kami berharap informasi ini dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku usaha yang ingin berjualan secara online melalui belanja langsung di Tokopedia PLAY,” ujarnya. Menurut Nirmala, penggunaan Tokopedia PLAY dinilai dapat berperan dalam perkembangan bisnis para pemain komersial di Indonesia. Hal ini sebelumnya telah dibuktikan dengan peningkatan rata-rata jumlah transaksi merchant setelah menggunakan Tokopedia PLAY, secara keseluruhan meningkat lebih dari 7 kali lipat dibandingkan semester pertama tahun 2022. “Peningkatan jumlah transaksi ini rata-rata sepanjang semester pertama 2023, terlepas dari peak season. Artinya, jumlah transaksi merchant yang menggunakan Tokopedia PLAY terus meningkat, sangat tinggi sepanjang waktu,” tambah Nirmala. Tokopedia juga mencatat Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Sidoarjo termasuk wilayah dengan viewership Tokopedia PLAY tertinggi pada semester pertama 2023. Nirmala juga membagikan 5 tips bagi pebisnis Indonesia khususnya UMKM agar dapat membantu meningkatkan penjualan online melalui belanja langsung di Tokopedia PLAY.

  1. Persiapkan Alat yang Memadai dan Tempat Khusus Live Shopping
Agar lebih profesional, perusahaan sebaiknya menyiapkan semua perangkat streaming seperti ponsel, tripod, dan mikrofon clip-on untuk mendukung live shopping.  Selanjutnya, gunakan background yang bersih, sederhana, dan pencahayaan yang terang agar wajah penjual dan produk terlihat jelas. Jika perlu, gunakan ring light untuk meningkatkan kualitas gambar. “Tokopedia menawarkan berbagai perangkat yang dapat mendukung aktivitas belanja secara langsung melalui kampanye Tokopedia Tekno. [caption id="attachment_11510" align="aligncenter" width="800"] Potret Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi (Infobintaro)[/caption] Penonton juga bisa mendapatkan diskon hingga 90% agar lebih hemat,” kata Nirmala. 
  1. Bangun Pengalaman Belanja Lebih Interaktif dengan Calon Pembeli
Salah satu manfaat berbelanja secara langsung adalah adanya pengalaman komunikasi yang lebih interaktif antara penjual dan calon pembeli. Di sini penjual didorong untuk aktif menanggapi setiap pertanyaan atau komentar dari calon pembeli. “Pastikan konten dan topik pembahasan sesuai dengan lini bisnis, misalnya dengan produk fashion, masyarakat cenderung ingin mengetahui kualitas dan tampilan produk tersebut.  Penjual dapat membuat konten percobaan atau hibrid untuk meningkatkan interaksi dengan calon pembeli. Masih banyak lagi tips dan trik dalam membuat konten yang menarik dan interaktif di Seller Training Hub,” saran Nirmala.
  1. Buat Penawaran Spesial yang Hanya Berlaku Selama Live Shopping Berlangsung
Untuk menarik minat calon pembeli untuk berpartisipasi dalam belanja langsung dan membeli produk, sebaiknya perusahaan menawarkan insentif berupa potongan harga atau hadiah yang hanya dapat diperoleh melalui belanja langsung. . “Beberapa live stream yang paling banyak ditonton oleh publik melalui Tokopedia PLAY selama paruh pertama tahun 2023 antara lain giveaway (atau gadget), direct call dengan influencer, dan discount stream untuk berbagai produk. Pemain komersial dapat melihat konten seperti ini untuk belanja langsung yang sukses, ”katanya.
  1. Jadwalkan Live Shopping Secara Rutin dan Promosikan di Media Sosial
Untuk membangun loyalitas audiens sekaligus meningkatkan kesadaran merek, penjual juga perlu menjadwalkan pembelian langsung secara rutin. Secara umum, belanja tatap muka dapat dilakukan 1-2 kali seminggu agar pembeli lebih mengingat produk atau menyimpan, jelas Nirmala. Setelah dipesan, penjual dapat mempromosikan acara tersebut melalui berbagai saluran media sosial ke feed Tokopedia. Sama seperti tips sebelumnya, pelaku niaga harus bisa membuat calon pembeli tertarik untuk menonton langsung acara belanja mereka atau bahkan tertarik untuk membeli produk. Ini dilakukan dengan membuat tajuk konten yang menarik dan spanduk sampul.
  1. Evaluasi Performa Live Shopping
Tidak hanya menyempurnakan persiapan tetapi juga teknik dalam proses pengadaan langsung, pelaku usaha juga perlu melakukan evaluasi agar pengadaan langsung selanjutnya lebih optimal. “Melalui fitur Video Insights yang dapat diakses melalui aplikasi Penjual Tokopedia, merchant dapat mengakses data performa video belanja secara langsung,  antara lain jumlah penonton, produk yang dilihat, produk yang ditambahkan ke troli, produk yang dijual, dan estimasi pendapatan”. Dia menambahkan, penjual bisa memanfaatkan kanal video streaming Tokopedia PLAY untuk belanja langsung.  Selain itu, pihaknya juga berharap pelaku bisnis di Indonesia dapat mengakses pasar yang lebih luas dan tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat di era social commerce.   Tips Untuk Jualan Di Live Shopping Tokopedia PLAY Untuk UMKM, Ini Wajib Simak! (Dyp, Dtk, Bis)

Berita Terkait